Warga Aceh Besar Mencoba Mengevakuasi 10 Paus yang Terdampar


Petugas dari berbagai komponen dibantu warga berusaha mengevakuasi 10 paus sperma yang terdampar di perairan Aceh Besar. Mereka mencoba mengevakuasi dengan mendorong agar paus kembali ke lautan.

Upaya evakuasi ini tentu bukan perkara mudah, karena satu ekor paus panjangnya saja mencapai 10 meter. Paus itu hanya bisa menggerak-gerakkan ekornya. Beberapa paus tampak terluka.



Anggota Koramil 05/Mesjid Raya Kodim 0101/BS Kopda Ricky Wahyudi mengatakan, warga melaporkan keberadaan kawanan paus sekitar pukul 10.10 WIB. "Saat itu, kawanan paus berada sekitar satu mil dari pantai. Kawanan paus terlihat bergerak hingga terdampar di sekitar belasan meter dari bibir pantai," kata Ricky seperti dilansir Antara, Senin (13/11).



Begitu diketahui ada paus yang terdampar, direncanakan paus itu dievakuasi dengan menariknya ke tengah laut.Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Dinas Kelatan Perikanan Aceh Teuku Nurmadi mengatakan, melihat jenisnya, kawanan ikan tersebut adalah paus sperma.

"Paus ini hidupnya bergerombolan atau kawanan. Ketika ada dari anggota kawanan yang menuju ke pantai yang lain juga mengikutinya, sehingga terdampar di tempat ini," kata dia.



Teuku Nurmadi mengatakan, paus terdampar di Aceh jarang terjadi. Kemungkinan kawanan paus tersebut terdampar karena dalam perjalanan migrasi."Kami tidak tahu dari mana kawanan paus ini dan akan bermigrasi ke mana. Begitu juga dengan luka yang dialami beberapa ekor paus tersebut, belum diketahui pasti penyebabnya," kata Teuku Nurmadi.

No comments

Powered by Blogger.