MENTRI AGAMA & ANIS BASWEDAN : Tahun Depan Deepavali Kita Jadikan Hari Raya Fakultatif



Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menghadiri perayaan Deepavali 5119 Kaliyuga yang diselenggarakan Gema Sadhana di Grand Sahid Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (2/12/2017). Ia mengucapkan selamat bagi penganut Hindu, khususnya dari India yang hari rayanya kini dijadikan hari raya fakultatif di Indonesia.

"Dijadikannya Deepavali sebagai hari raya fakultatif adalah bukti nyata bahwa negara memberi pelayanan yang sama pada semua umat beragama," ujar Lukman, Sabtu malam.

Menurut Lukman, pengakuan terhadap hari raya ini pantas dilakukan mengingat suku India sudah ratusan tahun bermukim di Indonesia dan menjadi bagian dari peradaban bangsa. Lukman juga mengapresiasi Gema Sadhana, sayap Partai Gerindra mengangkat tema "Kita Indonesia, Indonesia Adalah Kita" pada Deepawali 2017 ini.

"Menurut saya ini sangat relevan dengan upaya bangsa kita untuk terus menerus mewujudkan bangsa yang majemuk, toleran, dan demokratis dalam ke-Indonesia-an yang majemuk dan dapat mengekspresikan ajaran agamanya, sepanjang masih dalam koridor hukum yang berlaku," kata Lukman.



Lukman berharap, tema ini dapat menjadi acuan bagi para umat beragama. Ia menginginkan umat Hindu tak hanya mengabdi kepada agama, namun juga kepada negara dengan senantiasa menjaga kerukunan.

"Ini dukungan pemerintah atas upaya merajut tenun kebangsaan kita. Karena di masa mendatang, potensi tantangan dari kemajukan kita semakin berat," ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) libur fakultatif bagi pemeluk agama Hindu beretnis India yang berada di Jakarta. Anies menginginkan, pemeluk agama Hindu ini dapat merayakan Deepavali bersama anggota keluarga.



"Kami akan menyiapkan sebuah peraturan untuk umat Hindu beretnis India agar bisa merayakan hari raya Deepavali bersama keluarga. Jadi kami akan siapkan libur fakultatif, artinya bukan libur umum tapi libur pilihan. (libur) bisa diambil, tapi boleh juga tidak diambil, tidak wajib," ucap Anies saat menyampaikan sambutan dalam acara Deepavali 2017, di Hotel Sahid Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

No comments

Powered by Blogger.