Buronan 1MDB Melakukan Oprasi Wajah Untuk Melarikan Diri




Pebisnis Malaysia Jho Low, yang saat ini berstatus sebagai buronan kasus mega korupsi 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB, diyakini memiliki paspor ganda.Domino Online

Ia juga diduga mengubah tampilan fisiknya dengan melakukan rekonstruksi wajah alias operasi plastik.Kedua hal itu, menurut otoritas, dilakukan demi memuluskan proses pelarian serta menghindari penangkapan aparat.

Jho Low disebut "Memiliki paspor Saint Kitts & Nevis (di Karibia) dan menggunakan nama yang sama pada paspornya tersebut," kata Direktur Jenderal Imigrasi Malaysia, Datuk Seri Mustafar Ali pada Sabtu 14 Juli 2018, seperti dikutip dari Strait Times (16/7/2018).

"Adalah sebuah pelanggaran bagi warga Malaysia untuk memiliki dua paspor," tambahnya.

Mustafar juga mengatakan bahwa paspor Malaysia Jho Low juga telah dibatalkan oleh Departemen Imigrasi pada 15 Juni atas permintaan Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) sehubungan dengan penyelidikan mereka tentang skandal 1MDB.

Sementara itu, narasumber anonim yang memahami isu tersebut meyakini bahwa Jho Low mungkin memiliki paspor lain selain Saint Kitts & Nevis.Domino Online

Rekonstruksi Wajah


Kepolisian dan keimigrasian Malaysia dan Singapura, yang ditugaskan untuk melacak keberadaan Jho Low, meyakini bahwa pria 37 tahun itu mungkintelah melakukan operasi rekonstruksi wajah demi menghindari penangkapan.

"Kami memercayai bahwa dia telah mengubah fitur-fitur penampilannya dan menggunakan alias," kata narasumber anonim yang memahami isu tersebut, seperti dikutip dari Strait Times.

Di sisi lain, seorang ahli bedah plastik anonim yang berbasis di Kuala Lumpur mengatakan, dengan uang yang dimiliki Low, biaya operasi rekonstruksi wajah untuk mengubah penampilannya hanyalah sebuah pengeluaran finansial yang kecil.

"Untuk mengubah wajah bulat yang gemuk menjadi oval atau berbentuk berlian akan menghabiskan biaya antara US$ 10.000 hingga US$ 20.000," katanya.

Dokter mengatakan ahli bedah plastik juga dapat mengubah kelopak mata dan bentuk hidung dan mulut hanya dalam beberapa jam. "Ada banyak klinik terkenal di Thailand di mana Jho Low dapat melakukan ini secara profesional," katanya. Thailand sempat disebut sebagai destinasi bagi Low untuk melarikan diri.Domino Online

No comments

Powered by Blogger.