7 Pesawat Berdesign Paling Unik di Dunia


Pesawat merupakan salah satu alat transportasi favorit di zaman sekarang ini. Dengan menggunakan pesawat kita bisa menghemat waktu dalam perjalanan ke tempat jauh.

Selain itu pesawat juga berguna bagi kelangsungan hidup manusia seperti mengirim barang dengan waktu yang cepat hingga mendukung perkembangan teknologi. Beberapa dari pesawat itu memiliki desain sangat aneh sehingga Anda mungkin takut untuk terbang. Berikut 6 pesawat berdesain unik itu

1. Airbus Beluga


Airbus Beluga adalah pesawat yang digunakan untuk membantu mengangkut berbagai komponen pesawat selama proses perancangan. Awalnya bernama Super Transporter tapi karena bentuknya lebih terlihat seperti ikan paus, maka digantilah namanya menjadi Beluga. Pesawat ini hanya ada lima dan sudah beroperasi sejak 1994.

2. Scaled Composites Proteus


Pesawat aneh ini terbang perdana pada tahun 1998. Pesawat ini dirancang untuk alasan yang unik. Proteus dirancang sebagai percobaan untuk melihat seberapa baik pesawat dalam hal menyampaikan sinyal telekomunikasi. Fakta lain yang luar biasa tentang pesawat ini adalah dia dapat terbang di ketinggian 60.000 kaki atau 18km dari atas tanah dan dapat mengudara selama lebih dari 18 jam

3. Handley Page Victor


Pesawat aneh ini adalah pesawat bekas dari pesawat bomber strategis yang dikembangkan oleh British Handley Page Aircraft Company. Pesawat ini diproduksi dalam serangkaian pesawat pembom V termasuk Avro Vulcan dan Vickers Valiant. Victor dilengkapi radar, kamera dan sensor lainnya agar berfungsi lebih baik dalam perannya untuk mengumpulkan intelijen.

4.Beriev A-50



adalah pesawat peringatan udara dan sistem kontrol (AWACS) Soviet berdasarkan pada pesawat transportasi Ilyushin Il-76.Dikembangkan untuk menggantikan pesawat Tupolev Tu-126 "Moss" , A-50 pertama kali terbang pada tahun 1978. Beriev A-50 ini mulai beroperasi pada tahun 1984, dengan sekitar 40 diproduksi tahun 1992


5.Northrop Grumman B2 Bomber


adalah pesawat perang berteknologi stealth yang digunakan untuk pengemboman (Stealth Bomber). Pesawat yang dibuat dari bahan thermoplastic itu, dipakai oleh Angkatan Perang Udara AS. "Northrop Grumman adalah kontraktor utama untuk pembom Angkatan Udara AS siluman B-2 Spirit.Pesawat ini pertama kali diperkenalkan kepada publik, 1988 dan terbang perdana, 17 Juli 1989, dengan status masih aktif


6 Lockheed SR-71 Blackbird


adalah sebuah pesawat pengintai strategis supersonik jarak jauh berkecepatan Mach 3.3 yang berawal dari pesawat model A-12 dan YF-12 yang dibuat oleh Lockheed Skunk Works. SR-71 secara tidak resmi dijuluki 'Blackbird' dan dipanggil Habu (nama ular) oleh para awak penerbangnya.

Clarence "Kelly" Johnson bertanggung jawab atas berbagai inovasi di konsep desain pesawat canggih ini. Keungulan dalam pertahanan pesawat ini adalah kecepatan terbang dan tingginya daya jelajah, di mana jika sebuah peluru kendali darat ke udara terdeteksi, tindak pengelakan yang standar adalah menambah kecepatan.

Tipe SR-71 digunakan antara 1964 sampai 1998, di mana 12 dari 32 pesawat rusak akibat berbagai kecelakaan, tetapi tidak satupun hilang ketangan musuh.Pesawat ini adalah pesawat tercepat dengan kru. Pesawat SR-71 Blackbird ini diproduksi oleh Lockheed.

Pesawat ini mampu menempuh kecepatan 3530 km/jam pada ketinggian 24 km diatas permukaan laut. Pesawat ini desainnya disesuaikan dengan kebutuhan untuk terbang tinggi dan tidak tertangkap radar musuh,karena pesawat ini biasanya dipakai untuk memata-matai musuh.

No comments

Powered by Blogger.