Senyuman Manis Mentri Susi, Di Depan Kapal Pencuri Silver Sea



Mentri Susi memang fenomenal. Dia tak hanya dikenal tegas, tapi memang berdedikasi penuh pada kehidupan laut Indonesia. Hidupnya tak bisa dipisahkan dari laut. Tak heran, banyak foto epik dihasilkan dari momen-momen Susi beraktivitas di lautan.

Salah satu foto terakhir yang mencuri perhatian adalah ketika Susi paddling di Teluk Sabang, Minggu (3/12). Beberapa hari lalu, sudah berlangsung event Sail Sabang yang mencuri perhatian para penyelam dan penikmat laut di Indonesia. Para pejabat, termasuk menteri Susi, ikut hadir ke acara tersebut.




Setelah dilakukan lelang, 3.000 ton ikan tersebut mendapatkan harga yang cukup fantastis, hingga Rp 21 miliar. Susi pun tampak senang dengan hasil lelang tersebut "Kapal angkut berpendingin milik Pers.Thailand, nama SilverSea 2, incraht: Disita utk Negara,ikannya 3.000 ton dilelang murah dapat Rp 21 M," ungkap Susi, melalui akun twitternya, @susipudjiastuti, Minggu (3/12).

Nah, di sela-sela acara, Susi masih menyempatkan diri 'melebur' dengan laut. Namun tetap ada kegiatan yang berhubungan dengan aktivitasnya sebagai menteri kelautan dan perikanan.

merupakan kapal pengangkut ikan berbendera Thailand dengan ukuran 2.285 GT. Kapal tersebut terbukti menangkap ikan di perairan Sabang, Aceh. Kapal Silver Sea 2 berhasil ditangkap TNI Angkatan Laut pada 12 Agustus 2015 karena mencuri 1.930 MT hasil laut Indonesia. Berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Sabang, kapal tersebut kini disita pemerintah.

Yotin Kuarabiab, warga negara Thailand selaku nakhoda Kapal Silver Sea 2, terbukti secara sah melanggar Pasal 100 Juncto Pasal 7 ayat 2 Undang Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan. Yotin dijatuhi hukuman penjara dan denda.

Rencananya, kapal tersebut akan dijadikan museum sebagai bentuk peringatan pada pelaku Illegal Fishing agar tidak mengulangi hal yang sama.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.